2.03.2011

Sistem Informasi Manajemen

1.        Kasus Perusahaan search engine
a.        Teknologi pencariannya tetap menjadi menjadi mesin uang raksasa dalam bisnisnya karena di perkembangan bisnis saat ini hampir seluruh pengguna internet merasa lebih mudah untuk mendapatkan segala informasi, data maupun kebutuhan yang di inginkan oleh seluruh pengguna fasilitas internet. Dari alasan ini  maka perusahaan mampu mendapatkan rupiah dari para pembaca berita ataupun konsumen.

b.        Alasan sederhana dari kehadiran Google TV adalah menggabungkan web dengan televisi sehingga memungkinkan user memutar video online, install aplikasi sampai mengakses internet dan GoogleTV memungkinkan para penontonnya dapat menikmati adanya internet menggunakan TV.

2.        Lima tahapan yang dilakukan konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian atas produk melalui situs belaja online yaitu
a)        Pengenalan kebutuhan
Setiap konsumen tentu memiliki kebutuhan yang beragam. Konsumen akan berusaha mengenali setiap barang yang benar-benar mereka kehendaki sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.
b)        Pencarian informasi
Setelah melakukan pengenalan kebutuhan yang dilakukan sendiri, konsumen akan berusaha melakukan pencarian informasi mengenai barang yang dibutuhkannya.
c)         Evaluasi berbagai alternative
Tahapan konsumen dalam mencari informasi tambahan tentang barang yang akan di beli. Konsumen akan berusaha menanyakan kepada konsumen lain yang telah memiliki pengalaman menggunakan produk tersebut.
d)        Keputusan pembelian
Tahap ketika calon pembeli telah berhasil mendapatkan cukup informasi mengenai barang yang akan dibeli. Keputusan pembelian ditentukan oleh keputusan penjualan yang dilakukan oleh suatu pemasar. Adapun keputusan penting dalam penjualan diantaranya kelengkapan dan keakuratan produk, pelayanan yang baik, kebersihan toko, memaksimalkan produk-produk impulse buying, up selling, dan memaksimalkan sarana promosi yang ada.
e)        Keputusan setelah pembelian
Awal sekaligus akhir dari sebuah pengambilan keputusan konsumen terhadap pembelian suatu barang. Keputusan setelah pembelian ini akan menghadirkan dua kesan berbeda, yakni kepuasan dan ketidakpuasan.


3.        Kasus E-Commerce
a.        Yang paling mudah antara toko online layanan jasa, toko online produk digital dan toko online produk nondigital adalah toko online produk digital karena  keuntungan dari penjualan produk digital adalah bahwa produk ini tidak perlu secara fisik dikirim ke konsumen, tetapi yang terakhir, setelah melakukan pembayaran konsumen dapat melanjutkan untuk men-download dari situs web, yang memungkinkan konsumen untuk menghindari biaya pengiriman, dan juga memberikan pelanggan kesempatan untuk mendapatkan produk segera.

b.        Kendala membangun toko online dibandingkan toko tradisional adalah
·      Toko Online
Keuntungan
1)    Jam operasional toko tidak terbatas, bisa beroperasi selama 24 jam penuh.
2)   Proses mencari barang dapat dilakukan secepat kilat dari manapun asal tersedia koneksi internet.
3)   Melakukan perbandingan harga dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat, tinggal membuka beberapa toko online.
4)   Biaya yang diperlukan sedikit. Hanya perlu domain dan hosting. Biaya murah dan terjangkau.
5)    Jangkauan penjualan luas.
6)    Tidak perlu toko atau tempat menjual produk.
7)    Tak perlu gudang dan tempat luas untuk stok barang.
8)    Menghemat waktu dan biaya.

Kerugian
1)   Barang yang dibeli melalui toko online biasanya tidak langsung sampai ke tangan pembeli.
2)    Adanya proses pengiriman yang butuh waktu.
3)    Hanya memasang text (penjelasan) dan gambar saja atau terkadang berupa animasi.
4)   Kurang kepercayaan dari pembeli karena takut/ merasa was-was jika melakukan proses pembayaran (takut terjadi penipuan). Sistem pembayaran yang dirasakan rumit.
5)    Dibebani ongkos kirim.
6)    Resistensi membeli secara online.

Kendala
1)      Tidak mengerti/memahami cara membuat website
2)      Sourcing/sumber bahan tidak cukup tersedia atau sulit didapat
3)      Sulit mencari pelanggan atau pembeli
4)      Sulitnya membangun kepercayaan pembeli/pelanggan
5)      Banyaknya pesaing yang menjual produk yang sama
6)      Jaringan internet yang belum merata

·      Toko tradisional
Keuntungan
1)    Barang yang dibeli bisa langsung di terima oleh pembeli
2)    Tidak memerlukan biaya/ongkos kirim
3)    Pelanggan / pembeli dapat meneliti langsung produk yang akan di beli
4)    Bisa melakukan tawar-menawar harga

Kerugian
1)    Jam operasional toko yang terbatas. Misalkan dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam.
2)   Melakukan perbandingan harga dilakukan dengan mendatangi satu persatu toko-toko yang lain
3)    Biaya yang diperlukan sangat banyak, untuk menyewa tempat, membayar karyawan, dll.

4.        Keuntungan dan kerugian ketersediaan informasi gratis melalui internet dengan koran dalam versi cetak  yaitu
·         Koran Online
Keuntungan
1.         Murah
2.         Target Audiens
3.         Banyak Pilihan
4.         Cepat
5.         Menjangkau khalayak global di tingkat yang cepat
6.         Pemasar melakukan kemungkinan-kemungkinan baru untuk melakukan strategi pemasaran tradisional di lingkungan elektronik mendorong kesempatan yang lebih tinggi untuk menciptakan sinergi.
7.         Tidak ada kertas
8.         Tidak ada proses pencetakan
9.         Tidak ada biaya pembelian membaca Koran online
10.     Akses di seluruh dunia untuk informasi segera setelah diposting
11.     Lebih grafis/berwarna, memungkinkan daya tarik yang lebih baik bagi perhatian pembaca

Kerugian
1.    Masalah pengukuran
2.    Karakteristik penonton/pembaca
3.    Websnarl
4.    Kekacauan
5.    Potensi untuk penipuan
6.    Biaya
7.    Kualitas produksi terbatas

·         Koran offline
Keuntungan
1.    Perabaan dan dimensi
2.    Permanen
3.    Kedekatan dan aksesibilitas
4.    Kepemilikan
5.    Portabilitas
6.    Memiliki pembaca setia
7.    Jika menargetkan area geografis tertentu, dapat melakukannya dengan mudah melalui media cetak
8.    Dapat memilih ukuran ruang iklan. Ini membantu merencanakan anggaran biaya yang akan terjadi saat iklan

Kerugian
1.         Biaya yang mahal, tergantung media cetak yang dipilih
2.         Kehidupan rak (daya simpan) dari media cetak tertentu sangat terbatas. Misalnya satu hari, satu tahun, dll.
3.         Ada keterbatasan dalam hal jenis orang-orang yang benar-benar dapat membaca pesan
4.         Harus merencanakan beberapa bulan atau hari sebelumnya untuk memasang iklan di media cetak

5.        Kunci keunggulan berbagai franchise toko kelontong adalah
a)      Tim yang kompeten
b)      Pelayanan yang baik
c)      Menyediakan berbagai macam produk yang dibutuhkan oleh banyak orang, khususnya produk-produk keluarga
d)      Lokasi/tempat pendirian toko yang strategis
e)      Promosi yang luas, dan didukung oleh franchiser
f)       Administrasi dan system akuntansi disediakan oleh franchiser
g)      Toko retail seperti Alfamart atau Indomart, mendapatkan bimbingan, dukungan operasional, pengawasan dan konsultasi selama 5 tahun
h)      Persyaratan pendirian yang mudah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar